5 Kegunaan Tablet untuk Kehidupan

Selain buat fesbukan, main games dan gaya-gayaan, tablet memiliki beberapa kegunaan untuk kehidupan manusia, yang tidak bisa digantikan oleh alat lain. Untuk saat ini.

Ini dia kegunaannya –setidaknya buat saya–:

Foto dari Underground New York Public Library
Foto dari Underground New York Public Library

1. Membaca e-book

Ini yang paling signifikan.

Memang ada sebagian orang yang berpendapat buku cetak (buku konvensional) tidak akan dapat digantikan oleh buku elektronik. Seperti pengalaman membacanya, bau kertasnya (kalau buku baru), saat-saat membalik halamannya, perasaan ketika menutup halaman terakhir setelah tamat membaca, dan hal-hal sentimental lainnya.

Tapi dari segi kepraktisan, e-reader lebih unggul. Dalam tablet, kita bisa menyimpan ratusan buku di satu tempat. Ringan buat dibawa kemana-mana, dibaca di mana-mana, tetap bisa baca pas di rumah malam-malam mati lampu, dan yang paling menyenangkan, di internet beredar ribuan (mungkin lebih) ebook yang free download dan legal. Seperti yang ada di Project Gutenberg dan Amazon Kindle. Yah, jadi berasa bisa mengakses perpustakaan pribadi kemana-mana. Tak perlu lagi repot membawa-bawa buku-buku yang tebal kalau mau baca, misalnya di kendaraan, atau di ruang tunggu dokter, dsb.

Begitu juga kalau mau baca artikel-artikel di internet yang panjang-panjang. Kalau di PC atau laptop kadang kan males ya baca artikel yang panjang-panjang. Mata sakit, duduk lama pegel, dan suka distracted pula dengan halaman-halaman lain di browser.

Nah, kalau di tablet, kita bisa klik ‘save for offline reading‘ dan bisa baca dengan nyaman deh di kala sempat.

Atau di Google Play itu ada aplikasi Pocket, yang bisa menyimpan artikel-artikel internet yang pengen kita baca nanti. Bisa dikasih tag juga, jadi gampang nyari subjek tertentu. Aplikasi ini bagus banget buat researcher atau jurnalis.

forbes

Selain buku dan artikel, juga asik buat baca majalah. Sekarang ada Google Currents, yang kita bisa berlangganan majalah luar negeri, gratis ataupun bayar. Majalahnya tinggal pilih, mau tentang bisnis seperti Forbes, atau kuliner seperti Saveur, atau berita seperti Huffington Post dan Reuters, atau gaya hidup seperti Women’s Health, Fodor’s Travel, Style, dsb, yang semuanya itu tadi update tiap hari dan grratisss.

Kalo yang Indonesia ada aplikasi Scoop Indonesia. Yang gratis itu ada Djakarta!, Juice, Free Magz, dll. Yang berbayar, ya koleksinya sama kayak yang di toko koran/majalah, cuman bedanya Anda tinggal klik aja untuk bisa akses.

2. Buku catatan pengeluaran dan pemasukan keuangan

Saya pakai aplikasi Money Lover – Expense Manager untuk Android.

Jadi di sini kita bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran uang per hari. Nanti bisa dilihat rekapnya per minggu, atau per bulan atau pun per tahun. Buat saya, ini sangat membantu manajemen keuangan pribadi saya yang kacau. Nggak perlu lagi menghitung manual di buku tulis, karena di aplikasi ini sudah otomatis terhitung saldo kita. Dia juga bisa mengingatkan kita kalau anggaran kita, misalnya anggaran pulsa, sudah habis. Bisa juga mengingatkan kita untuk menabung atau membayar utang.

Dan karena di tablet, maka kita bisa mengupdate di mana saja. Misalnya, begitu keluar dari tempat belanja, langsung deh catet tadi belanjanya berapa, jadi nggak lupa. Gitu deh. Sip ya… lanjut.

3. Buat menulis

– diary/jurnal/blog

Ada banyak apps untuk nulis diary atau jurnal yang bisa kita manfaatin. Kelebihannya, dengan tablet, kita gak perlu kemana-mana bawa buku tulis, dan bisa nulis di mana aja. Di bis, restoran, atau ruang antri dokter gigi.

Ngeblog juga gitu. WordPress dan Blogspot udah nyediain apps-nya untuk tablet yang tampilannya enak dan simpel kalo mo update kapan aja di mana aja.

– catatan penting dan to do list

Google_Keep_610x406

Ada juga yang namanya Google Keep –well, saya sedang menggunakannya sekarang– yang bisa untuk nyimpen catetan apa aja, alamat kenalan, kutipan menarik, ide yang tiba-tiba muncul, dan juga to do list.

Untuk apps to do list khusus juga banyak, yang saya suka any.DO karena tampilannya keren. Bisa mencatat daftar hal-hal yang mau dikerjain, daftar film yang mau ditonton, atau daftar belanjaan juga. Like a boss bangetlah.

4. Kamus dan pelajaran bahasa

Yup, bisa membuka kamus setiap butuh, dan juga bisa belajar bahasa asing. Download aja bahasa yang Anda suka, dan bisa pilih yang ada audionya biar cepet bisa. Dan ada Google Translate juga sekarang yang bisa didonlot lengkap, jadi bisa jadi kamus cerdas buat kita. Sampe bahasa Jawa pun ada di sana. Jangan kaget.

5. Buat beribadah

Kita bisa download kitab suci digital ya, atau doa-doa, atau buat yang agama Islam, asmaul husna. Kita bisa membacanya atau menghafal di tempat-tempat umum tanpa harus terlihat sok alim :p

Kalo kegunaan lainnya di luar yang di atas, banyaklah ya. Buat main games udah pasti, buka youtube, g+, fb, twitter, email, yang kemudian bisa dibaca-baca lagi walopun offline.

Yak, itulah kira-kira kegunaan tablet bagi saya yang membuatnya lebih unggul dari laptop atau PC. Kekurangannya juga ada sih, misalnya ngetiknya nggak enak. Kecuali tabletnya dipasangin keyboard khusus. Tapi itu dibahas lain kali deh.😉

Kalau mau cari tablet khusus anak, bisa beli di Lazada.co.id (tablet for kids), banyak pilihannya.

Shared from Google Keep

~ o 0 o ~

Baca juga:

Belajar Bisnis dari Mark, Larry dan Sergey

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s