rekrutmen a la Google

pic from: talkandroid.com
pic from: talkandroid.com

Jangan khawatir buat kamu yang mau memasuki dunia kerja tapi nilai IPK-nya kurang oke –barang satu atau dua koma–, karena di Google, nilai saat kuliah itu tidak dijadikan kriteria penting bagi calon karyawan. Menurut mereka, IPK itu tidak menjamin apa-apa. Bahkan konon 14% dari karyawan Google sekarang itu tidak pernah kuliah sama sekali.
(more…)

Advertisements

Antara Donald Trump dan Jeff Bezos

Kebetulan saya membaca buku tentang mereka di saat yang bersamaan. Jadi langsung bisa ngebandingin.

Mungkin nggak tepat kalau dibilang jahat, Donald Trump ini. Saya kenal beberapa orang yang ambisius-mau-menang-sendiri–coz-bisnis-is-bisnis-so-screw-people gitu. Dan mereka biasanya baik banget sama temen-temennya. Mereka cuma melenyapkan perasaan sesama manusia kalo udah soal bisnis.

Jadi Donald Trump nggak jahat. Dia cuma bertekad mendidik orang bodoh jadi pintar, dan orang lemah jadi kuat. Itu hal yang ‘baik’ kan?
(more…)

Belajar Bisnis dari Mark, Larry dan Sergey

Kalau pada saat membuka blog ini Anda juga membuka Facebook dan Google, maka Anda pasti tahu Mark, Larry dan Sergey mana yang saya maksud. 😉

Kita tahu bahwa ada kesamaan yang menonjol dari ketiga orang ini. Yaitu, telah menjadi penemu suatu teknologi yang besar pengaruhnya untuk dunia, lalu membangun perusahaan yang sukses luar biasa di usia 20-an, dan menjadi milyarder sebelum berusia 35 tahun (tahun 2011, kekayaan Mark $17,5 milyar; Larry dan Sergey masing-masing $16,7 milyar).

Ini menunjukkan bahwa tak sekadar jenius komputer, mereka juga adalah pebisnis handal.

(more…)

Google, tolong jangan masukkan setan ke lingkaranmu…

Saya menderita sekali beberapa hari ini.

Pasalnya, saya baru mengutak-atik akun Google+ saya, dan tiba-tiba saya menyadari sesuatu yang bikin saya gelisah sebelum tidur dan hampir sepanjang hari ini. Saya baru sadar kalau Google sudah menjadi penguasa dunia. Dialah the All-Seeing Eye (Yang Maha Melihat Segala Sesuatu) yang selama ini ditakuti orang yang mitosnya akan muncul menjelang kiamat.
(more…)