Kegilaan Google

If you’re not doing something that are crazy, then you’re doing the wrong things,” kata Larry Page waktu diwawancara Wired bulan Januari lalu.

Hal gila yang dimaksud oleh pendiri dan juga CEO Google ini adalah membuat sesuatu yang tidak hanya 2x atau 10x lebih baik dari yang sudah ada, melainkan 100x (serratuss kali) lebih baik. Atau 100% (serratuss persen) berbeda.

Salah satu contoh, tahun 2005 di saat Yahoo dan penyedia email lain baru mau mengambil ancang-ancang akan menarik bayaran dari pengguna yang menginginkan kapasitas penyimpanannya ditambah, Gmail tiba-tiba muncul menggegerkan karena memberi fasilitas email dengan kapasitas 100 kali lebih besar dari yang sudah ada, dan grrratisss.

Berikut ini adalah produk-produk dari kegilaan Google yang diluncurkan akhir-akhir ini, 2012-2013, yang sedikit banyak, saya pikir, akan mengubah dunia.

Google Now

koozai.com
koozai.com

Bayangkan Anda sedang berkunjung ke suatu kota kecil di luar negeri, dan Anda tak punya petunjuk apapun tentang kota itu. Anda cuma bawa gadget (smartphone atau tablet) di tas, dan begitu tersambung ke internet trus buka Google Now, maka di situ akan terpampanglah semua informasi yang Anda butuhkan. Kondisi cuaca setempat, hotel dan restoran di sekitar situ, museum dan tempat pariwisata, halte bis, stasiun dan bandara terdekat, tiket penerbangan, bioskop dan tempat hiburan, dsb. Tak perlu lagi searching informasinya satu per satu.

Ini konsep utamanya. Bahwa informasi di masa depan tidak lagi bergantung pada pertanyaan atau permintaan. Informasi yang kita butuhkan akan datang sendiri sebelum kita minta.

Dan sekarang, kita bahkan bisa ‘bertanya langsung’ dengan Google. Berbicara langsung. Jadi tidak harus mengetik lagi. Misalnya kita ingin tau berapa luas pulau Bali, maka kita cuma perlu ngomong ke Google, “Berapa luas pulau Bali?” Dan dia akan menjawabnya dengan tulisan.

Komputer masa depan adalah komputer yang bisa kita ajak ngobrol.

Google Glass

wired.com
wired.com

Anak-anak Googlers rupanya sangat terobsesi dengan film Star Trek. Satu per satu khayalan di film ini mereka wujudkan. Salah satunya adalah kacamata ajaib.

Produk yang disebut Best Inventions of the Year 2012 oleh majalah Times ini merupakan kacamata yang memiliki kemampuan seperti komputer dan dilengkapi internet. Untuk mengoperasikannya menggunakan perintah suara.

Jadi misalnya kita ingin membuka Google, maka kita cukup bilang, “Ok glass, google.”

Lalu lanjutkan dengan pertanyaan untuk Google. Misalnya, “Jam berapa di Mekkah sekarang?” maka akan tertera jawabannya di kacamata kita. Terpampang jelas melalui layar yang otomatis nampak di depan hidung kita.

google.com/glass/start/
google.com/glass/start/

Kita juga bisa memoto ataupun merekam pemandangan di depan kita dengan satu kalimat perintah, “Ok glass, take a picture.” Jadi kalau kita mau merekam suatu pertunjukan musik, misalnya, kita tetap bisa menonton seluruh show dengan kedua mata kita yang bebas, dan bukannya terpicing-picing menonton di balik layar kamera seperti kalau kita pakai kamera HP atau kamera biasa.

Google Glass konon baru akan dijual bebas tahun 2014, dengan harga $1500. Nabung dulu nabung…

Google Fiber

technobuffalo.com
technobuffalo.com

Tahun ini, Google menciptakan suatu sistem jaringan internet yang bisa lebih cepat dari kecepatan jaringan internet rata-rata di dunia sekarang. Dan tebak seberapa lebih cepat?! Bukan 2x atau 10x, melainkan 100x (serratuss kali) lebih cepat.

Fasilitas Google Fiber ini sudah dipasang di tiga kota di AS, yaitu Kansas City, Austin (Texas) dan Provo (Utah), dan mendapat sambutan baik dan walikota dan masyarakatnya (ya iyalah!). Saya cuma bisa bermimpi kapan ya Google Fiber bisa masuk Indonesia… hmm…

Google Baloon

itworld.com
itworld.com

Ini gebrakan teranyar dari Google.

Jadi dari dulu Google sudah menyatakan bahwa salah satu misi mereka adalah memasyarakatkan internet dan menginternetkan masyarakat. Kira-kira begitulah ya. Karena menurut mereka, 2/3 dari seluruh penduduk bumi sekarang ini masih belum bisa mengakses internet. (Ya iyalah, bukannya 2/3 penduduk bumi itu ikan-ikan di laut? hehe, just kidding).

Jangankan internet, salah satu contoh, suatu daerah di Jawa Barat ternyata baru beberapa bulan ini kedatangan listrik. Anak-anak di sana baru tahun ini melihat yang namanya televisi. Jadi boro-boro internet. Padahal itu masih di Jawa Barat. Provinsi terdekat dari tempat Pak Presiden tinggal. Bagaimana yang di Papua atau Sulawesi?

Nah, melihat kesenjangan teknologi informasi tersebut, maka para Googler mulai meniup balon-balon ajaib sebagai solusinya.

Begini idenya,

techweekeurope.co.uk
techweekeurope.co.uk

Balon-balon itu akan diterbangkan hingga setinggi lapisan stratosfer, yaitu kira-kira 30 km di atas bumi, jauh di atas awan-awan dan lintasan pesawat terbang. Balon-balon itu akan bercokol di sana, dan dengan teknologi tertentu bisa dikendalikan posisinya, sembari menebarkan jaringan internet ke penjuru bumi.

ibnlive.in.com
ibnlive.in.com

Kita hanya perlu memasang pemancar penghubungnya –yang berbentuk seperti balon– di atap rumah kita. Maka internetpun akan meluncur kesana, dengan biaya murah, meskipun kita tinggal di hutan belantara ataupun di kutub Utara.

Proyek gila ini dinamai Project Loon (‘loon’ untuk ‘baloon’ dan juga bisa ‘lunatic’ alias gila) dengan tagline, ” Internet for all.”

Saya benar-benar berharap Google sukses dengan misi-misinya di atas, dan juga mission impossible lainnya seperti mobil tanpa supir (self-driverless car), memotret seluruh jalanan di muka bumi (Google Street View), meng-google gen kita sendiri, menerjemahkan semua bahasa (Google Translate), mendigitalkan semua buku di seluruh dunia (Google Books), dan lain-lain yang semakin gila kalau disebut.

~ o 0 o ~

Baca juga:

Serius Itu Ngga Harus Pakai Jas

Google, tolong jangan masukkan setan ke lingkaranmu…

Belajar Bisnis dari Mark, Larry dan Sergey

Kisah Larry dan Sergey: Pendiri Google yang Tak Bisa Duduk Diam

 

//

2 thoughts on “Kegilaan Google

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s