Selamat Natal dari Google!

google.com
google doodles

… dan Selamat Natal dari saya juga! ^_^

Natal tahun ini, ada fasilitas spesial dari Google Map, yaitu Google Santa Tracker. Jadi dengan fasilitas ini, kita bisa mengikuti perjalanan Santa Claus keliling dunia melempar kado-kado Natal ke cerobong-cerobong asap. Sampai saat posting ini ditulis, St. Claus sudah menempuh lebih dari 237.000 km, dan sudah melempar lebih dari 1,7 miliar kado. Whew!

google.com/santatracker
Santa Tracker

Selain itu, melalui Google sebagai mesin pencari yang ‘segala tahu’ dan ‘segala lihat’, kita juga bisa memantau aktivitas para Elves (kurcaci pembantu St. Claus) di desa asal mereka.

village-day
a day in Santa village
village-night
a night in Santa village

Ada pabrik permen, pabrik boneka, dan bahkan ada mesin pengatur angin untuk kereta terbangnya Santa… haha…

google.com/santatracker/#/village/windtunnel
Wind Tunnel

Games Interaktif

Kita juga bisa mainin beberapa aktivitasnya para Elves ini.

google.com/santatracker/#/village/jetpack
Jet Pack
google.com/santatracker/#/village/presentdrop
Present Drop
google.com/santatracker/#/village/racer
Racer

Asik sekali ya…?!

Santa Call

Ada lagi fasilitas mengirim pesan (bisa via telfon, kalo kita di Amerika Utara, atau email, atau via G+), yang disuarakan oleh Santa Claus himself!

Saya sendiri, dapet ucapan dan kiriman hadiah dari Barack Obama lho… Makasih ya Santa Claus!😉

https://www.sendacallfromsanta.com/?k=2BPj7QXnWBSEmTf4rLPb72
a call from Santa
http://www.google.com/santatracker/#/village/santacall
Santa Call message

Mengapa Google sebegitu niatnya (atau sebegitu isengnya) membuat fasilitas khusus Natal ini, ada tiga faktor penyebab menurut tebakan saya, yaitu:

  1. Para programmer Google kurang kerjaan.
  2. Berkah dari kebijakan manajemen Google, yaitu: “setiap karyawan berhak menggunakan 20% dari waktu kerjanya untuk melakukan proyek apapun yang mereka minati” (baca juga: Kisah Larry dan Sergey (2): Senangnya Menjadi Googlers). Dengan begitu, 20% dari waktu kerja karyawan bisa mereka manfaatkan untuk membuat hal-hal yang menyenangkan (walaupun gak penting-penting amat), contohnya Santa Tracker ini, meskipun tidak menjanjikan keuntungan finansial secara langsung bagi perusahaan.
  3. Jauh-jauh hari manajemen Google yang terdiri dari anak-anak muda gila itu memikirkan dengan serius bahwa hari Natal harus dirayakan dengan istimewa, dan sesuai dengan konsep berbagi-nya Google, maka perayaannya harus berbagi dengan seluruh dunia. Meskipun tampak iseng banget, tapi toh Google berhasil memberi sedikit kegembiraan dengan ‘mainan kagetan’ ini, setidaknya bagi saya😉

Perusahaan lain, hanya akan membuat desain kartu ucapan “Selamat Natal dan Tahun Baru”, lalu meng-emailnya untuk kita. Beberapa perusahaan bahkan menyelipkan ‘iklan terselubung’ dalam emailnya itu untuk mengingatkan kita sebagai customer mereka.

Tapi Google –dengan para programmernya yang kalau bikin aplikasi games seperti semudah menyeduh kopi– membuat semuanya ini untuk kita, bahkan tanpa satu pun baris iklan! Google memang mengajak kita merayakan hari ini dengan gembira-bersama-sama, meskipun cuma duduk sendiri di rumah, di depan komputer.

Well, thanks a lot, Google… and Happy Holiday, people! ^_^

~ o 0 o ~

My other favorite interactive google doodles: 107th Anniversary of Little Nemo in Slumberland

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s