soliter, solider

Tuhan & Hal-hal yang Tak Selesai, no. 57

Seorang penjaga gawang adalah seorang yang soliter, tapi ia juga seorang yang solider: ia seorang yang paling tersisih tapi ia hadir dalam sebuah kesetiakawanan. Ia mungkin sang kapten kesebelasan, tapi dalam sebuah permainan yang agresif, ia jarang sekali sang pemberi arah, irama, ataupun semangat timnya di medan pergulatan. Ia teramat jauh di garis belakang.

jdillon.cghub.com

Soliter, solider: sering saya berpikir bahwa penjaga gawang bisa bercerita banyak tentang hidup. Ada seseorang yang bercerita banyak tentang hidup dengan tema itu, dan itu adalah Albert Camus, mungkin satu-satunya sastrawan yang pernah mengatakan bahwa ia mendapatkan pelajaran moralitasnya dari olahraga. Dari sini pula ia melihat kita, manusia: makhluk yang hidup antara “keterbuangan” (l’exil) yang sunyi dan kerajaan (le royaume) yang membuat betah. Sebab kebersamaan terus-menerus punya batas dan bahayanya: totalitas itu tak hendak mengakui bahwa pada akhirnya manusia berdiri sendiri di gawang di ujung garis itu. Tapi keterasingan bukanlah hidup. Camus menampik solidaritas yang jadi penindasan (ia menolak komunisme) sebagaimana ia menolak usaha bersama yang menjadikan manusia cuma elemen sebuah tim yang habis-habisan memenangkan sejarah (ia mengecam revolusi).

Tapi ia bukan penganjur sikap pasif seorang penonton: ia menyambut sebuah bentuk perjuangan yang –seperti pertandingan bola– tak dimaksudkan untuk menghabisi musuh. ia menyebutnya “pemberontakan,” sebuah perjuangan keras yang justru untuk melahirkan sebuah dunia bersama. Kata-kata terkenal dalam L’homme revolte adalah: “Aku berontak, maka kita ada.


The Rebel: An Essay on Man in Revolt

~ o 0 o ~

Sumber: Goenawan Mohamad. Tuhan dan Hal-hal yang Tak Selesai. Depok, Katakita, 2007

Karya lain dari Goenawan Mohamad:


Sidelines: Thought Pieces from Tempo Magazine

Modern drama of Indonesia (Aspects of Indonesian culture)

Catatan Pinggir: Blankon

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s