Lagu-lagu Bruno Mars yang Berbahaya

Lagu-lagu anak muda jaman sekarang, musti diwaspadai. Karena ada lagu yang memberi pengaruh positif, menyemangati, atau mendidik, tapi banyak juga yang sebaliknya. Tidak mendidik dan bahkan berbahaya.

Contohnya beberapa lagunya Bruno Mars.

Memang keren beliau ini. Cukup menggebrak, sebagai musisi baru. Bahkan sampai memenangkan Grammy tahun 2011. Lagu-lagunya memang terdengar asik-asik. Musiknya seru, liriknya lucu. Tapi marilah kita telaah.

Just the Way You Are

brunomars.com

Her hair, her hair
falls perfectly without her trying
She’s so beautiful
And I tell her everyday

When I see your face
There’s not a thing that I would change
‘Cause you’re amazing
Just the way you are

Perempuan, kalo dinyanyiin lagu ini, biasanya jadi klepek-klepek.

Tapi bisa kita duga ya kisaran usia perempuan yang dimaksud Bruno Mars. Paling tidak yang di bawah 40 tahun. Jelas Bruno ini tidak mengantisipasi apa yang akan terjadi setelah mereka berusia di atas 40. Akankah dia masih akan bilang:

You know, you know, you know
I’d never ask you to change
If perfects what you’re searching for
Then just stay the same

Tidakkah dia malah akan menyarankan krim anti-aging atau suntik botox untuk perempuan itu?

Jadi jelas ya, moral lagu ini, kalau bukan ‘tidak jujur’ alias ‘gombal’, maka berarti ‘tidak pikir panjang’.

It Will Rain

If you ever leave me, baby,
Leave some morphine at my door

There’s no religion that could save me
No matter how long my knees are on the floor

Cause there’ll be no more sunlight
if I lose you, baby
There’ll be no clear skies
if I lose you, baby
Just like the clouds,
My eyes will do the same if you walk away
Everyday, it will rain

Berbahaya ya kalau anak muda pacaran, trus ketika pacarnya pergi, lalu dia menyuntik diri sendiri dengan morfin dan merasa tak ada yang bisa menyelamatkan, bahkan agama sekalipun.

Jadi maksudnya, Bruno Mars ini mengajarkan anak-anak muda yang patah hati itu untuk mengonsumsi narkoba dan melupakan agama, begitu?

Trus juga, yang tidak perlu ditiru dari lagu ini adalah, jangan pernah pacaran dengan orang yang profesinya: pawang hujan. :p

Runaway Baby

brunomars.com

Well look at here look at here
Ah what do we have?
Another pretty thang here for me to grab

But little does she know
That I’m a wolf in sheepsclothing
‘Cause at the end of the night
It is her I’ll be holding

I love you so
That’s what you’ll say
You’ll tell me
Baby baby please don’t go away
But when I play, I never stay

To every girl that I meet here this is what I say:
Run run runaway, runaway baby
Before I put my spell on you
You better get get getaway getaway darling
‘Cause everything you heard is true
Your poor little heart will end up alone
‘Cause Lord knows I’m a rolling stone
So you better run run runaway runaway baby

Dari awal sampai akhir lagu ini sudah mengkhawatirkan. Pointnya adalah tentang ‘cowok penjahat’ yang memperingatkan para cewek supaya kabur aja kalo ketemu dia. Karena kalo nggak, maka cewek itu akan dibuat jatuh cinta, dipermainkan, lalu ditinggal.

Saya khawatir ya, lagu ini akan ‘menyemangati’ anak-anak muda supaya jadi cowok penjahat macam itu. Karena saya yakin kebanyakan cowok-cowok akan nyengir kuda mendengar lagu ini. Merasa mereka punya power untuk menakut-nakuti cewek-cewek, membuat mereka lari ketakutan, atau bagi yang nggak lari, akan dipermainkan, dan ‘end up alone’.

Whew. Bermoral sekali ya lagu ini.

Billionaire

I wanna be a billionaire so fucking bad
Buy all of the things I never had
I wanna be on the cover of Forbes magazine
Smiling next to Oprah and the Queen

Ini lagu tentang mimpi seseorang untuk jadi trilyuner. Musiknya keren ya, reggae dengan gitar akustik gitu… Liriknya pun menyenangkan.

Punya mimpi itu bagus ya, makin tinggi makin bagus. Jadi lagu ini sebenarnya sangat positif. Merangsang anak muda untuk punya cita-cita menjadi orang yang kaya raya sampai bisa masuk majalah Forbes.

Tapi kita tahu bahwa yang namanya mimpi hanya akan tinggal mimpi kalau tidak dikejar atau diusahakan. Kalau kita mimpi, lalu kita nyanyikan mimpi itu, maka itu bukan usaha, tapi ‘pernyataan’. Tidak akan terwujud kalau cuma nyanyi-nyanyi tanpa usaha.

Apalagi kalau yang dinyanyikan berikutnya adalah lagu ini:

Lazy Song

glassofchampagne.wordpress.com

Today I don’t feel like doing anything
I just wana lay in my bed
Don’t feel like picking up my phone
So leave a message at the tone
Coz today I swear i’m not doing anything
Nothing at all…

Nah, bercita-cita jadi orang kaya raya, tapi nggak mau ngapa-ngapain. Mau tiduran aja seharian di rumah. Mana bisaa…?!

Jadi, adik-adik sekalian, don’t try these at home ya! Dan kritislah terhadap setiap lagu yang kamu dengar… :))

~ o 0 o ~

Links:
Just The Way You Are
It Will Rain
Runaway Baby
The Lazy Song
Doo – Wops & Hooligans
Grenade

55 thoughts on “Lagu-lagu Bruno Mars yang Berbahaya

  1. I’ve learn some just right stuff here. Definitely value bookmarking for revisiting. I surprise how so much attempt you set to make such a fantastic informative website.

    Like

      1. Mangkanya, orang-orang sana itu canggih banget ya caranya masukin “ideologinya” mereka. Jujur aja, sebelum berburu liriknya (setelah dikit2 listening), aku menganggap lagu Lazy Song itu asyik, earcatchy banget. Ternyata….huah!

        Ada penelitian soal lirik lagu yang bisa mempengaruhi pendengarnya secara signifikan nggak ya? @_@

        Like

        1. Iya iya bener… Menurut aku, lagu itu bisa sangat berpengaruh. Terutama ke pikiran bawah sadar kita (apalagi kalo kita dengerin lagu terseut berulang2).

          Lagu2 positif tentu bisa berpengaruh positif.

          Lagu2 bunuh diri dari band terkenal, terbukti banyak menyebabkan kasus penggemar bandnya bunuh diri.

          Nah, yang bahaya juga adalah lagu2 yang pengaruh negatifnya tidak begitu ekstrem alias terselubung, kayak lagu-lagu di atas ini.

          Itu menurut aku loh… :p Tapi coba aja google… pasti ada aja deh penelitiannya… 🙂

          Makasih ya Gusti udah berkunjung ke blogku… :))

          Like

  2. Lagu-lagu Bruno Mars yang Berbahaya | Boneka Ketujuh I was suggested this blog by my cousin. I’m not sure whether this post is written by him as no one else know such detailed about my trouble. You’re amazing! Thanks! your article about Lagu-lagu Bruno Mars yang Berbahaya | Boneka KetujuhBest Regards Rolf

    Like

  3. Nice post at Lagu-lagu Bruno Mars yang Berbahaya | Boneka Ketujuh. I was checking constantly this blog and I’m impressed! Extremely helpful information specifically the last part 🙂 I care for such information much. I was looking for this particular info for a long time. Thank you and best of luck.

    Like

  4. Lagu-lagu Bruno Mars yang Berbahaya | Boneka Ketujuh Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I have truly enjoyed surfing around your blog posts. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

    Like

  5. Pingback: Lagu-lagu India.Arie yang dari hati | Boneka Ketujuh

  6. Jangan nyari kesalahan orang deh,namanya juga Lagu terserah dia!Mau apa kek!Think BIG emang kalo elo pada mati bawa Agama LO?KAGAK!Bawa TUHAN LOH! Emang elo padah percaya Agama dibandingkan Tuhan?Adooh-_- Lagu Billionaire itu dicari kesalahannya Bruno Mars padahal,mana ada salahnya banyak orang ‘KATA adaalah DOA ya jadi terserah!’Saya kurang setuju untuk lagu BILLIONAIRE!Jangan Cuman komentar Emang berani ngomentarin didepan orangnya ENGGAK KAN! Komentarin diri sendiri baru ngomentarin orang! Masih mending Brunomars dibanding JB yang ngehina INDONESIA

    Liked by 2 people

    1. Waduh! Serius amat ni mbak Gween… pasti fans beratnya Bruno Mars ya…hehe… Makasi ya udah nyampein ketidaksetujuannya. Bisa jadi bahan pertimbangan jg buat pembaca yg laen. Kita sama-sama berhak berpendapat di sini 😉

      Like

  7. yang kurang paham b.inggris bakalan kagak ngaruh kalo ngedenger liriknya,,, weheheheh…
    tapi kalo yang paham, ambil positifnya aja lahh….
    saya akui bruno mars emanng keren!!!!!!

    Like

  8. Kalo menurut gue, semua itu tuh bukannya sesat min 🙂 itu tuh cuma kata lainya aja. Susah di jelasin-_- kayak misalnya di dramatis gitu supaya lebih puitis#loh? Namanya juga lagu. Kalo min ga suka Bruno Mars, ga usah bikn fitnahan gitu kali :)) ntar tersinggung loh hooligans!

    Liked by 2 people

    1. I’m so sorry, hooligans! Gak bermaksud menyinggung. Saya suka juga kok sama Bruno Mars. Dan saya juga nggak ada bilang lagu2nya ‘sesat’, tapi bilang bahwa lagu2nya perlu diwaspadai dan gak boleh ditelan mentah-mentah sama anak-anak muda, karena lirik2nya itu cuma didramatisasi dan dipuitisisasi aja kaaan… 😉

      Like

  9. gua pengen coment , ya itu sih masing2 aja lah.. !!! lo pasti gak suka sm bruno mars .. iya kan!!n kalo gak suka jgn ngejelek jelekin deh, itu mah masing masing aja..!! lagu lasy song juga itu cumma buat menghibur kok..!!! gua sebagai brunolovers gakk suka digitu gituin (n) najis

    Liked by 1 person

  10. Ya namanya juga musisi. Kalau musisis yang memang mau tampil maksimal pasti ada positif negatifnya. Lebih baik selrktif memilih komentar deh 🙂

    Like

  11. Saya nggak setuju untuk yg Just The Way You Are. Kan lagunya ‘mencintai apa adanya’.
    Terus yg Billionare sama Lazy song jangan di sambung dong. Beda urusan. Namanya mimpi masa ga boleh? Lagian di lagu Billionare ga ada kata ‘ga usah berusaha’ kan?
    Post ini serasa mojokkin bruno mars loh. Walaupun NGAKUNYA suka. Ya, coba semua lagu diliat gini, pasti banyak NEGATIVEnya kalo salah tangkap. Lagian di Lagu itu ada kata kiasannya mba, gak semua kata-katanya itu kata murni.
    Walaupun saya bukan fans Bruno Mars, saya engga setuju post ini (n)

    Liked by 1 person

  12. Sebelumnya sy mau bilang ini bagus sih mbak jd bisa buka pikiran anak2 muda utk bisa mencerna lagu2 luar dg baik&benar. Tapi bagi yg b.inggrisnya msh little2 paling juga cuma sbg lagu utk hiburan aja ko. Cuma di blog ini kenapa ya kok banyak yg menggunakan kata2 seperti ‘me-negatif-kan’ lirik lagu2 bruno mars yg populer diatas 😦 sayang sekaliiii sy penggemar peter gene hernandez juga lho! ;(

    Like

  13. From the link of bruno mars songs harmful. how u can favor him but you spread and said the song dangerous?
    when i read , i felt you like stuffy people. coz u like him but u drop him with your posting? you just be supposed take something positives of the songs. i hope you can think better if u said you favor bruno mars. thank you so much.

    Like

  14. Wah bagus tuh mbak………………Saya aja sampe nggak nyadar bahwa lagu itu punya sisi negatif yang banyak.Tapi saya bukannya tidak menghargai hasil karya anda,tetapi kan itu hanya lagu,bukan berarti nasihat atau saran,saya menyanyikan lagu barat hanya sebatas main-main,walaupun saya mengerti apa makna dari lagu tersebut,contohnya seperti lagu Bruno Mars “Just The Way You Are” Memang isi lagu tersebut seperti menyarankan sesuatu,tetapi kan itu HANYA gombalan bukannya saran.Saya menghimbau kepada anda sebelum membuat artikel,pikirkan dulu apa yang akan anda bahas dan usahakan untuk tidak menghina/memprotes suatu hal tanpa sepengetahuan orang yang anda bahas.Saya saja yang membuat artikel seperti biografi seseorang,tidak pernah mengkritik ataupun menghina orang yang saya bahas,karena jika orang yang saya bahas tau bahwa dia telah dihina oleh saya,saya takut itu akan menjadi pemasalahan yang panjang.

    Like

    1. Makasih ya Muhammad Wahid atas responnya. Postingan ini pendapat pribadi saya. Isinya kritik terhadap lagunya Bruno Mars dan nggak bermaksud menghina sama sekali. Dan postingan ini saya publikasikan untuk umum kok, jadi nggak ngumpet-ngumpet dari Bruno Mars-nya.

      Like

  15. HAHAHA shut up!!
    Itu smua cuma lagu weh, Mungkin yg jngn di dngr it will rain doang, tpi kalo mau dnger gpp kaliii yg penting gk kemakan sama lagunya:v

    Like

  16. Ok pls ya. Artikel kamu yang tentang lagu billionaire sama the lazy song ga nyambung bgt:) mau jadi orang kaya raya tapi males malesan/? Tolong diliat tanggal realis nya ya. The lazy song itu mungkin bermaksud untuk santai di hari hari libur. Pake logika dong tolong. Billionaire, itu cuma khayalan dia doang biar bisa jadi billionaire “i wanna be a billionaire” wanna. Masih “pingin”
    Kalo it will rain emg bener ada lyric yg menyinggung tentang agama. Tapi bisa jadi aja itu khusus buat twilight, twilight isinya ttg vampire. Adakah vampire beragama? I think so;)

    Liked by 1 person

  17. aku tuh gk fans nya BM tp baca postingan nya kamu tu, jgn lah bgtu nyari2 kesalahan orang, mnding liat diri sendiri aja dulu udah bener apa belum…
    gk maksud ngejelekin loh cuma ngasih pendapat aja…. haha 😀

    Liked by 1 person

    1. iyasih lagu it will rain gaboleh , tapi untuk lagu yang lain mohon di prrhatikan lagi , jgn senonoh mencari kesalahan , liat anda sudah benar apa belum? thx

      Like

  18. haha gw sebagai hooligans yah tersinggung lah! lu bikin postingan mikir dong pake otak! masa semua lagu populer bruno lo cari² kesalahannya! coba aja semua lagu lo bikin postingan begini pasti pada negative semua kan! yaelah kalo berani lo ngomong depan bruno nya langsung dong!

    Liked by 1 person

    1. Maaf ya buat penggemarnya Bruno Mars kalo pada nggak setuju… Ya, kalo ketemu Bruno-nya langsung pasti saya omongin deh, “Mas Bro, lagunya saya kritik di blog saya… silakan dibaca….”

      Like

  19. Lo salah’lirik lazy song yg gak boleh didengar tuh yang bagian ini”Tomorrow I wake up do some p90x
    Meet a really nice girl, have some really nice sex
    And she’s gonna scream out, “This is great!”. Yang artinya “Esok aku bangun, berlatih dengan Pp90X Berc*nta hebat dengan gadis yang sangat cantik Dan dia akan menjerit, “luar biasa” (Oh ya tuhan ini luar biasa).

    Like

  20. Gua sebagai Hooligans tersinggung banget pas baca postingan ini, gua heran kenapa pake nyari kesalahan di lagu” Bruno, Pas lagu JTWYA itu kan lagunya bagus bgt sampe dapet penghargaan banyak, apa lagi yg Billionaire itu kan sebenernya bisa bikin motivasi agar kita bermimpi menjadi milyarder / orang sukses, gak ada salahnya lah lagunya, jangn disambung sambungin sama The Lazy Song kan udh beda lagu:v Bruno itu nyiptain lagu” nya sendiri, dan nyiptain lagu itu kgak gampang, bahkan banyak penyanyi yg terkenal gara” lagu yg diciptain Bruno Mars, Jadi tolong hargaain lagu – lagu dari Bruno Mars.

    Like

  21. sedikt koreksi itu sebenernya yang lazy song itu nyindir orang males min bukan nyuruh orang supaya males : ) trus yg orang tua diatas 40 tahun kalo kita ambil sisi positifnya nyaranin supaya tetap merawat dirinya walau sudah tua : ) koreksi doang min

    Like

What do you think?