Sensasi Gedung Tertinggi di Bali

Beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan merasakan sensasi makan siang di lantai paling atas gedung tertinggi di pulau Bali, tak lain tak bukan Inna Grand Bali Beach Hotel.

Mari kita bandingkan dengan beberapa daftar gedung tertinggi di tempat-tempat lain.

Di Jakarta, gedung tertinggi adalah Wisma 46, dengan tinggi bangunan 262 m, dan terdiri dari 48 lantai.

Di New York, adalah Empire State Building, setinggi 381 m, dan berjumlah 102 lantai.

Dan di seluruh dunia saat ini, yang dinobatkan sebagai dedung tertinggi adalah Hotel Burj Al Arab Dubai, yang mencapai ketinggian 800 m, dan terdiri dari 160 lantai!

Lalu bagaimana dengan di Bali?

Di pinggiran pantai Sanur, berdirilah megah sebuah hotel yang merupakan hotel tertua di Bali, sekaligus juga menjadi gedung tertinggi di Bali, yaitu seperti yang sudah saya sebut di atas, Inna Grand Bali Beach Hotel.

Gedung ini terdiri dari 10 (sepuluh) lantai saja!

Rupanya setelah hotel ini telanjur resmi berdiri pada tahun 1966, barulah ada ketentuan dari Surat Keputusan Gubernur (1971) bahwa bangunan di Bali hanya boleh maksimal tingginya 15 meter, atau tidak boleh lebih tinggi dari pohon kelapa.

Ada kisah unik juga mengenai hotel ini. Pada 20 Januari 1993, gedung hotel ini mengalami kebakaran yang kesemua kamarnya terbakar habis. Namun ada satu kamar, yaitu kamar 327, yang tidak terbakar sama sekali.

Saya sempat menengok kamar ini, yang sejak saat itu tak lagi disewakan untuk umum. Ia hanya boleh dikunjungi saja oleh wisatawan yang mau melihat. Setiap hari kamar ini dirawat dan disembahyangi. Ketika saya berkunjung, kamar tersebut berbau harum bunga-bunga terdiri dari 3 bed. Di salah satu bed, diletakkan pakaian alm. Bung Karno yang terlipat rapi, beserta pecinya. Di bed yang lain ada pula lukisan Ratu Pantai selatan yang legendaris. Secara umum, kamar 327 itu berhasil memunculkan kesan magis dan misterius.

Hotel ini cukup menyenangkan buat saya, yang suka menengok sejarah dengan segala kemisteriusannya.

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s