Belahan jiwa datang untuk membuka lapisan dirimu, lalu pergi.

Percakapan Richard dan Liz dalam Eat Pray Love, Elizabeth Gilbert.


“Groceries,” kata Richard, “dengarkan saya. Suatu hari nanti kamu akan melihat kembali masa-masa ini dalam hidupmu sebagai suatu masa kesedihan yang indah. Kamu akan melihat bahwa kamu bersedih dan hatimu hancur, tetapi hidupmu berubah dan kamu berada di tempat yang paling indah di dunia –di tempat pujian yang indah, dikelilingi oleh rahmat. Ambil waktu ini, setiap menit. Biarkan semuanya diselesaikan di sini, di India.”

“Tetapi saya sungguh-sungguh mencintainya.”

“Tidak masalah. Kamu jatuh cinta pada seseorang. Tidkkah kamu lihat apa yang terjadi? Laki-laki ini bersemayam di hatimu jauh lebih dalam dari apa yang dapat kamu bayangkan, maksudnya kamu dengan cepat dihancurkan. Tetapi cinta yang kamu rasakan itu hanyalah suatu permulaan. Kamu baru merasakan artinya cinta. Itu hanya sedikit dari cinta abadi. Tunggu sampai kamu dapat melihat bahwa kamu dapat mencintai jauh lebih dalam dari yang satu ini. Heck, Groceries –kamu mempunyai kemampuan untuk suatu hari mencintai seluruh dunia. Itu sudah takdirmu. Jangan tertawa.”

“Saya tidak tertawa.” Saya sebenarnya malah menangis. “Dan tolong jangan tertawakan saya sekarang, saya rasa mengapa semuanya ini menjadi begitu sulit bagi saya untuk melupakan laki-laki itu karena saya benar-benar percaya bahwa David adalah belahan jiwa saya.”

“Mungkin itu benar. Masalahnya adalah kamu tidak mengerti arti dari kata tersebut. Orang berpikir seorang belahan jiwa adalah orang yang paling tepat bagi dirinya, dan itulah yang dikehendaki oleh setiap orang. Tetapi seorang belahan jiwa yang sejati adalah sebuah cermin, orang yang menunjukkan kepada kamu segala sesuatu yang merintangimu, orang yang membawa kamu untuk memperhatikan dirimu sendiri sehingga kamu dapat mengubah hidupmu. Seorang belahan jiwa yang sejati mungkin orang yang paling penting yang pernah kamu temui, karena mereka menjatuhkan dinding pertahananmu dan menamparmu sampai kamu terjaga. Tetapi hidup dengan belahan jiwa selamanya? Nah, sangat menyakitkan. Belahan jiwa, mereka datang dalam hidupmu hanya untuk membuka satu lagi lapisan darimu dan kemudian pergi. Dan terima kasih Tuhan untuk itu semua. Masalahnya dengan kamu adalah, kamu tidak dapat membiarkan belahan jiwa itu pergi. Semuanya telah berakhir, Groceries. Tujuan David hanyalah untuk menggugah kamu, mendorong kamu untuk keluar dari perkawinan yang harus kamu akhiri, sedikit mengoyakkan egomu, memperlihatkan kepadamu rintangan-rintangan dan kecanduan-kecanduanmu, membuka hatimu sehingga sinar baru dapat masuk, membuat kamu putus asa dan tidak terkendali sehingga kamu harus mentransformasikan hidupmu, kemudian memperkenalkan kamu pada guru spirituilmu, dan berangkat pergi. Itulah tugasnya, dan ia melakukannya dengan baik, tetapi sekarang semuanya telah berlalu. Masalahnya adalah, kamu tdiak dapat menerima bahwa hubungan ini merupakan hubungan yang singkat tetapi berguna. Kamu seperti seekor anjing di tempat pembuangan sampah, sayang –kamu hanya menjilati sebuah kaleng kosong, mencoba untuk mendapat sedikit nutrisi dari kaleng tersebut. Dan jika kamu tidak berhati-hati, kaleng tersebut akan menutupi moncong mulutmu selamanya dan kamu membuat hidupmu menderita. Jadi jatuhkan kaleng itu.”

“Tetapi aku mencintainya.”

“Cintailah dia.”

“Tetapi aku merindukannya.”

“Rindukanlah dia. Kirimkan kasih dan sayangmu setiap kali kamu mengingatnya, dan kemudian lupakan.”

2 thoughts on “Belahan jiwa datang untuk membuka lapisan dirimu, lalu pergi.

  1. Pingback: Entrepreneur Sosial India « Boneka Ketujuh

  2. Pingback: 5 Buku Pemicu Semangat Petualangan | Boneka Ketujuh

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s