Let’s Visit Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa Jakarta punya pusat koleksi karya sastra. Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin demikian nama tempat yang telah berdiri sejak 1980.



Dibilang pusat dokumentasi karena HB Jassin menyimpan karya sastra mulai dari tahun 1890-an hingga terkini. Tercatat ada sekitar 17.000 judul karya sastra fiksi, 12.000 judul nonfiksi, ribuan buku referensi, naskah drama, biografi, kliping, makalah, skripsi atau disertasi.

Satu-satunya pusat koleksi karya sastra di Indonesia itu juga menyimpan 50.000-an eksemplar guntingan koran yang memuat artikel sastra berupa cerita pendek atau puisi. Buku sastra Melayu Tionghoa yang ditulis dengan bahasa Melayu Pasar juga tersedia di PDS HB Jassin. Konon, buku tersebut lebih tua umurnya dari karya sastra Balai Pustaka.

Semua pengetahuan sastra yang terkandung dalam koleksi PDS HB Jassin dapat dinikmati oleh pengunjung secara cuma-Cuma karena memang tidak ada biaya masuk yang dikenakan kepada pengunjung.

PDS HB Jassin buka setiap Senin hingga Jumat pukul 09.00 hingga 15.00. Para pengunjung dapat membaca karya puluhan ribu koleksi karya sastra di tempat atau fotokopi karya yang diminati. Sayangnya, gedung yang terletak di belakang Planetarium, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, ini tampak selalu sepi dari kunjungan masyarakat. Padahal ditempat inilah Anda bisa menggali ilmu langka tanpa biaya banyak.

Sumber: areamagz.com

Links:

Kompas: Kisah Tragis PDS HB Jassin

What do you think?

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s